Selasa, 06 September 2011

Tugas IMK 2011

  Berawal dari keinginan untuk redecor kamar,mencari-cari inspirasi dengan googling, ketemulah saya dengan web ini : 3dhomedecorator.com. :D
Web ini bertujuan untuk memudahkan kita mendesign sebuah ruangan atau taman bagi rumah.
Baiklah,saya akan mulai membahas sedikit mengenai kekurangan pada rancangan web ini. Tidak bemaksud ingin menghakimi,hanya memberi pendapat saja :)
Home Page



Di halaman awal web ini saja,saya sudah merasa banyak kekurangan pada web ini. Check these out:

 1. Terjadi Redudansi
         Terdapat 2 Ads by Google Button dan 2 Ads Choices Button. Menurut saya hal ini
         meaningless dan 
tidaklah efisien dalam pemanfaatan halaman web.




     2. Vertical DropDown Menu
         Kita harus mengklik vertical dropdown menu ini untuk melihat submenu-nya.  
         Hal ini sedikit mengurangi user experience terhadap web ini.


     3. Nama Label Yang Tidak Spesifik
            Jujur,saat melihat tulisan "Play Game" ,  yang  terbesit adalah  game  mendesign
         ruangan yang ada level-level dan score dan flash based,TERNYATA -_- 
         Setelah saya telusuri ternyata, "Design A Basic Room" dan "Play Game"memiliki 
         link yang sama, yakni menuju halaman yang disana kita dapat mendesign sebuah 
         ruangan (out of expectation).


   Setelah melihat halaman awal yang sudah "hmm" seperti yang telah dibahas di atas, selanjutnya kita akan membahas halaman "Design A Basic Room" atau "Play Game" . Pada halaman ini kita dapat mendesign sebuah ruangan , kita dapat tentukan lebar,panjang,dan tinggi ruangan,serta jenis furniture yang akan diletakkan pada ruangan tersebut.
                                             
Menentukan Size Ruangan
Memilih Furniture

         







Berikut kekurangan halaman ini menurut saya :
1. No Flash
    Mulai dari menentukan size ruangan, memilih furniture, dan memilih aksesoris lainnya, kita
    mengklik satu persatu dan menunggunya tampil kembali.Hal ini sangatlah membosankan. 
    Bukankah user lebih enjoy kalo seandainya halaman ini menggunakan flash?web designer
    haruslah menguasai perubahan teknologi yang ada  yang  berdampak  pada  usability dari
    web yang dibuatnya.
2. Task Support Yang Infleksible
    
Setelah saya memilih beberapa furniture,saya merasa kurang pas dengan posisi default,
    lalu saya cari-cari gimana cara untuk memindah-mindahkannya dan ternyata tidak bisa -_-
    Hal ini berarti kurang fleksibel dalam mendesign ruangan yang kita inginkan di halaman ini.



Kesimpulan : 
Jadi, saya sebagai user mendapatkan user experience yang mengecewakan dari web ini. Dengan ini, saya tunda meredecor kamar saya *lho? xD

Demikianlah hasil review saya terhadap web ini, mohon maaf bila ada salah2 kata. :)
Comment please..!

3 komentar:

  1. web ini memang terlalu kaku untuk sebuah web yang dibuat untuk mendesain apalagi tidak dilengkapi menggunakan animasi.pemilihan font warnanya juga membuat web ini semakin kaku.

    BalasHapus
  2. hmm.. tampilannya memang kurang enak buat mata, apalagi banyak tulisan di sana-sini membuat web terlihat penuh, saya kebingungan membaca menunya *.*
    tapi sebenarnya web ini seru loh,apalagi untuk orang2 yang suka otakatik (maksudnya iseng kyk saya haha),walaupun mungkin agak sulit digunakan. btw,saya jadi teringat game The Sims :D

    BalasHapus
  3. tampilan web yang simple tapi kurang menarik...perpaduan warnanya kurang pas sehingga kurang enak dipandang.

    BalasHapus